merawat anjing berambut Panjang

Menyikat

Menyikat secara rutin akan mengurangi bulu yang kusut dan bulu yang bergumpal. Menyikat rambutnya pun dapat memberi kesempatan anda untuk memeriksa adanya kutu, pinjak, pembengkakan dan benjolan. Jika anda menemui sesuatu yang tidak biasa, periksakanlah ke dokter.

Ada banyak macam-macam sikat dan sisir yang tersedia untuk anjing anda:

  • Sikat perapi (slicker brush) yang memiliki alur tekukan kawat-kawat halus yang rapat. Sikat ini bagus untuk sikat serba-guna unuk mengangkat rambut rontok, kusutan dan kotoran pada anjing berbulu panjang.
  • Sikat pentul/pin (pin brush) yang memiliki gigi tersebar luas burujung bulat. Sikat ini baik untuk menghilangkan kusut dan sangat baik untuk anjing yang berbulu panjang, tetapi kurang menyenangkan bagi anjing berbulu pendek.
  • Sikat brisel (bristle brush) dan sisir metal (metal comb) digunakan dalam tahap akhir pada anjing berbulu panjang. Mungkin hanya sikat inilah yang anda perlukan untuk anjing yang berbulu pendek.
  • Sisir karet (rubber curry comb) juga berguna mengangkat rambut rontok untuk anjing berbulu pendek.
Cara merawat :
  1. : Untuk mengambil posisi grooming, berlututlah disamping anjing anda atau taruh anjing anda di atas meja.
  2. : Mulailah dengan mengangkat bulu yang rontok dan yang kusut dengan menggunakan sikat slicker atau sikat pin, sikat mulai dari kepala ke ekor. Untuk anjing berbulu sedang dan berbulu panjang, gunakan kedua sikat tersebut secara bergantian.
  3. : Untuk kusut yang parah, gunakan conditioner rambut yang dibuat khusus untuk anjing and perlahan sisir atau sikat daerah yang kusut. Hati-hati jangan menjambak atau memaksakan bulu yang kusut, karena penyikatan yang kasar akan membuat anjing takut untuk digrooming.
  4. : Setelah bulunya rata, lalu berikan sikatan terakhir dengan sikat brisel atau sisir bergigi renggang.
  5. : Untuk anjing berambut panjang, gunakan gunting untuk memangkas bagian cakar dan kaki belakang.

0 komentar:

Posting Komentar