Cara Merawat anjing Yang baik..



Cara yang baik Merawat anjing :
  1. Begitu anjing baru sampai di rumah, biarkan anjing itu beristirahat sebentar dengan tenang. jangan langsung di ajak main karena nanti bisa membuat anjing itu takut atau stress.
  2. Periksalah kondisi bulu, kulit, atau adakah luka pada anjing yang baru datang. Pastikan anjing anda bebas kutu.
  3. Kondisi kesehatan anjing baru Anda dapat dilihat dari bulunya. Bulu yang kusam, rapuh dan lemah berarti mengindikasikan anjing Anda tidak mendapatkan vitamin atau nutrisi yang dibutuhkan.

    Jangan lupa, bertanyalah pada dokter hewan tentang makanan/diet Anjing Anda, serta sisakanlah beberapa menit untuk menyisir dan menyikat bulunya karena hal ini dapat memberikan perbedaan besar terhadap penampilan Anjing Anda. Anjing Anda pun akan terlihat lebih baik.

    Perawatan rutin yang Anda lakukan, tidak hanya membuang bulu dan kulit mati, tetapi juga dapat mendistribusi minyak alami yang dihasilkan anjing Anda dan mencegah timbulnya parasit serta penyakit kulit.

  4. Jangan langsung diberi makan, hal ini sering dilakukan oleh pemilik anjing baru. Anakan anjing yang baru tiba dirumah baru jika dalam kondisi sehat pasti akan langsung makan makanan yang diberikan walaupun dia masih stress, belilah di salon anjing. Sebaiknya diberi makan 12 jam setelah anjing itu tiba dirumah. Anjing (kucing) yang langsung diberi makan pada saat dia datang biasanya akan muncul masalah beberapa hari kemudian, seperti mogok makan.

  5. Sebaiknya Anda menyikat/menyisir bulunya secara rutin, tapi tentu saja Anjing dengan bulu tebal serta panjang membutuhkan frekuensi perawatan yang lebih lama dibandingkan anjing berbulu pendek. Jika Anjing Anda sering menghabiskan waktu di luar ruang, akan dibutuhkan perawatan yang lebih sering Karena Anda harus menghilangkan setiap kotoran yang Anda temukan.

  6. Anjing yang baru (berapapun usianya) jangan dimandikan atau diberi vaksinasi minimal 1 minggu sejak dia datang. Bawalah ke salon anjing.

  7. Jika anda ingin membeli alat-alat untuk anjing anda, Jangan lupa baca dulu kegunaan dan cara pemakaian alat tersebut. Untuk anjing berbulu pendek, mulailah menyikat kearah berlawanan searah jatuhnya bulu, setelah itu sikatlah kearah yang benar. Jika Anda memiliki anjing yang berbulu tebal, luangkan waktu untuk lebih intensif menyikatnya.

    Anjing berbulu panjang dan tebal perlu disisir dan disikat dengan hati-hati namun agak bertenaga. Beberapa jenis lainnya, Poodle contohnya, perlu dirapihkan secara teratur, tapi Terrier tidak memerlukan pemotongan rambut yang teratur.

    Saat Anda menyikati anjing Anda, jangan lupa untuk memperhatikan, adakah gumpalan atau benjolan yang tidak wajar pada bulu dan kulitnya. Ini untuk menjaga kesehatan kulitnya juga.

0 komentar:

Posting Komentar